Tana Tidung (HUMAS KTT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung menggelar Pengajian Rutin yang dirangkaikan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H. Acara berlangsung pada Jum’at (06/10/2023) dan dihadiri Ketua DWP Kabupaten, Ketua TP PKK, Ketua DWP Kankemenag KTT, serta Pengurus DWP. Acara ini dimeriahkan oleh Tausiyah yang disampaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sesayap, H. Maryanto.

H. Maryanto menyampaikan makna bulan kemuliaan Rabiul Awal dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H. Dia menekankan pentingnya mengambil hikmah dari ajaran Rasulullah SAW dan menggali pemahaman tentang empat sifat Rasulullah yang harus menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu “sidik, amanah, fathonah, dan tablig”.

“Hari ini, kita berkumpul untuk memperingati Kelahiran Rasulullah SAW dalam hidup kita. Beliau adalah tauladan yang telah menanamkan akhlak terpuji dan mengajarkan keadilan sebagai pemimpin. Rasulullah juga memberikan contoh tentang bagaimana menjalankan kehidupan berumah tangga dan mengajarkan akhlak yang baik bagi keluarganya. Sebagai umatnya, kita seharusnya mengambil keteladanan ini sebagai contoh yang patut diikuti,” ujar H. Maryanto.

Acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan agama kepada Jamaah  tetapi juga menjadi momen untuk merenungkan ajaran-ajaran Rasulullah SAW dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Motivasi untuk menggali lebih dalam nilai-nilai kebijaksanaan dan keadilan yang diajarkan oleh Rasulullah, serta mengambil inspirasi dari teladan beliau dalam berinteraksi dengan sesama manusia dan mengelola kehidupan keluarga dengan baik.

DWP Tana Tidung berharap bahwa melalui acara ini,  dapat lebih memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran Rasulullah SAW dalam kehidupan mereka, serta membawa semangat keadilan, kasih sayang, dan toleransi dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat. Semoga ajaran-ajaran mulia Rasulullah SAW terus menjadi cahaya dan panduan bagi umat Islam di Kabupaten Tana Tidung.