Banjarmasin (HUMAS KTT) Masih dalam kegiatan Koordinasi Pelatihan BDK Banjarmasin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung menyampaikan menerima Materi Kebijakan Sumber Daya Manusia di Era Digital” dengan isi materI Arah Kebijakan Kompetisi ASN. Kamis (22/06/2023).

H. Saimin mengungkapkan sebagaimana yang di sampaikan oleh Muhammad Aswad dari Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi & Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah LAN RI Sebagai Narasumber menyampaikan  ada beberapa hal yang terjadi pada kemajuaan Teknologi yang sangat pesat di antaranya : ERA DISCRUPTION : Mengubah total dan menghancurkan cara bisnis konvensional, ARTIFICIAL INTELLINGENCE : Potensi mempermudah kehidupan sehari-hari nelalui otomasi, INTERNET OF (EVERY) THINGS : Penetrasi Internet di kehidupan sehari-hari dan INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0 : Menghilangkan berbagai pekerjaan konvensional digantikan mesin/robot.

Muhammad Aswad melanjutkan Variabel utama masa depan Pemerintah meliputi Distrupsi di semua sector kehidupan, menguatnya artificial intelligence, penggunaan Big Data dan Interkasi pelayanan online.

Perkembangan Digitalisasi tak terbendung lagi dari beberapa media online tentunya berpengaruh dan saat ini dapat kita rasakan Bank-bank menutup kantor cabang, semua beralih ke digital. Bahkan , biaya investasi digital lebih murah daripada membangun kantor-kantor. Bahkan digitalisasi tak terbendung ATM mulai di campakkan. Penggunaan digital juga berpengaruh pada perbelanjaan

ASN dalam Dunia Kerja  saat ini “One Workplace, multiple generation”., ASN dimotori oleh Generasi Bbay Boomers dan Estimasi tahun 2023: 75% generasi kerja dunia dimotori generasi Y (generasi milenial) yang berkarakter penguasaan IT, Kecepatan dan efesiensi kerja, inovasi berkelanjutan”.