Humas Kemenag Tana Tidung – Pendekatan terhadap unsur masyarakat dan pemerintahan dapat menjadi penunjang kinerja bagi madrasah swasta dalam upaya pengembangan madrasah yang lebih baik kedepannya, hal ini dikatakan oleh kepala kemenag tana tidung dalam arahan yang diberikan pada kegiatan peningkatan kompetensi guru madrasah dalam kurikulum merdeka dan moderasi beragama.

Metode pentahelik adalah salah satu tips yang diberikan dalam arahan H Saimin, metode tersebut adalah bagaimana menuju satu misi dengan menggunakan lima prinsip dasar dalam hal ini untuk dunia pendidikan madrasah swasta dimana untuk mempercepat kemajuan dan pengembangan kinerja madrasah harus melakukan pendekatan ke lima aspek diantaranya: 1. Pemerintahan, 2. Masyarakat, 3. Akademisi, 4. Media, 5. Dunia Usaha.

“Sebagai guru madrasah swasta harus aktif melakukan pendekatan dalam hal peningkatan dan pengembangan madrasah, misalnya ke pemerintahan daerah dimana banyak program bantuan pendidikan yang bisa diambil lalu di dunia usaha seperti perusahaan yang mempunyai progam csr untuk kepentingan pendidikan serta pendekatan kepada media untuk meningkatkan promosi kualitas madrasah itu sendiri” ujar H Saimin melanjutkan arahannya.

Percepatan pengembangan madrasah dalam sektor sarana dan prasarana menjadi harapan dalam arahan kali ini, di sisi lain kepala kantor juga mengatakan bahwa kemenag tana tidung juga sedang berusaha untuk mempercepat pembangunan madrasah negeri yang belum ada di kabupaten tana tidung dengan langkah awal melakukan sertifikasi lahan hibah yang harapannya selesai tahun ini. (hri)