Tideng Pale (Humas KTT) – Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tana Tidung melaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA) 144 H /2022 M. MUSDA yang di gelar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung di hadiri Asisten I beserta kepala OPD terkait pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung, Plt Kepala Kantor beserta Pejabat di Lingkungan Kankemenag Kabupaten Tana Tidung, Perwakilan Kodim 0914/Tnt, perwakilan Polres Kabupaten Tana Tidung, Ketua MUI Provinsi Kalimantan Utara, Ketua dan Pengurus MUI Kabupaten Tana Tidung beserta perwakila Organisasi Islam yang berada di Kabupaten Tana Tidung. Jum’at (9/12/22).

H. Hermansyah, S.Pd.I selaku Ketua MUI Kabupaten Tana Tidung Periode 2017 – 2022 menyampaikan dalam laporannya bahwa dimasa kepengurusan MUI Kabupaten Tana Tidung ada beberapa program yang sudah di jalankan sehingga dari program-program tersebut terlaksana. Dengan harapan kedepannya dari MUSDA ini nantinya setelah kepengurusan ini, Ketua dan Pengurus MUI periode 2022 – 2027 yang terpilih dapat meningkatkan program – program yang lebih baik.

Saripa Rudiya, S.Ag selaku Plt. Kepala Kankemenag Kabupaten Tana Tidung menyampaikan MUI merupakan awadah atau sebuah majelis yang menghimpun para Ulama, Zuama dan Cendekiawan Muslim Indonesia, untuk menyatukan gerak dan langkah umat Islam Indonesia dalam mewujudkan Cita-Cita bersama, diantaranya adalah merajut kebersamaan atas dasar ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah dan ukhuwah Insaniyah dalam ikhtiar turut menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kehadiran MUI sangat dibutuhka, sebagai sebuah organisasi Umat Islam yang bersifat kolektif dalam rangka meningkatkan silaturahhim, demi terciptanya persatuan dan kesatuan serta kebersamaan Islam.

Umat Islam yang terhimpun dalam lembaga MUI, mari bersama-sama untuk mensosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat di lingkungan kita masing-masing, agar tidak terjebak dan terjerumus masuk ke aliran-aliran atau paham-paham yang akan membahayakan dan merusak tatanan beragama dalam masyarakat.

Dengan adanya MUSDA MUI Kabupaten Tana Tidung dapat terlaksana dengan baik serta memberikan dampak positif dalam mengemban amanah nantinya bagi ketua MUI dan pengurus periode 2022 – 2027 nantinya.

Mohd. Idham Nur, S.Hut selaku Asisten 1 menyampaikan dalam sambutan Bupati Tana Tidung “ atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung, memberikan apresiasi  positif atas di selenggarakannya Musyawarah Daerah MUI, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi Daerah yang kita cintai ini terutama dalam kegiatan keagamaan Umat Islam.  Pemerintah Daerah berharap kepada MUI dapat berperan dalam Program Pendidikan dan Daqwahnya dalam membina masyarakat Muslim Kabupaten Tana Tidung. Dengan MUSDA, MUI diharapkan lebih memperkuat Visi dan Misinya, serta konsisten terhadap perjuangannya  untulk mengajak pada kebaikan menyampaikan Amar Ma’ruf, Nahi Munkar.”. di akhir Sambutannya Idham Nur selaku Asisten 1 mewakili Bupati Tana Tidung membuka Kegiatan MUSDA MUI tersebut. (ane)