Tanjung Selor (Humas KTT) Malam Taaruf dan Pelantikan Dewan Hakim di gelar di Gedung Gadis Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara di hadiri Asisten I Pemrov, Kaltara, Kepala kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Utara, Kepala OPD Provinsi Kalimantan Utara, Dewan Hakim, Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota dan seluruh Kafilah Se-Kalimantan Utara. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tana Tidung bersama Perwakilan Kafilah Kabupaten Tana Tidung turut hadir dalam acara malam Taaruf Rabu (22/06/22).

Dalam kesempatan ini Drs. H. Saifi, M.Pd menyampaikan Ia menjelaskan bawah Kementerian Agama selalu memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan MTQ, baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Menurutnya, perhelatan MTQ tidak sekadar ajang kompetisi semata. Lebih dari itu, MTQ memiliki semangat untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai Alquran terhadap kehidupan masyarakat, khususnya umat Islam.

“Tema yang diangkat tahun ini, ‘MTQ sebagai Inspirasi dalam Mewujudkan Masyarakat Kalimantan Utara yang Maju, Relijius’. Kita ketahui bersama, bahwa Alquran sejak dulu sudah menjadi inspirasi bagi ulama, akademisi dan praktisi, untuk mengembangkan ilmu pengetahuan,” ujar Saifi.

Berkat Alquran yang dijadikan sumber referensi, Kakanwil lantas mengungkapkan banyaknya temuan demi temuan yang bermanfaat bagi umat manusia. Oleh karena itu, ia mengajak kepada umat Islam, khususnya peserta MTQ, untuk mempopulerkan Alquran di tengah masyarakat.

“MTQ tidak hanya kompetisi, lomba. Lebih dari itu, kita ingin mengangkat keagungan Alquran. Kemudian, kita semua, dan para kafilah mendalami makna daripada kandungan Alquran. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi ditebarkan kepada keluarga dan masyarakat luas,” ajaknya.

Para kafilah melalui MTQ, membawakan ilmu Alquran secara komprehensif. Baik itu bacaan, tajwid, hingga hukumnya. “Lebih penting lagi, bagaimana kita memahami kandungan di dalamnya. Semoga dengan begitu, kita bisa membumikan Al-Quran di wilayah Kalimantan Utara, khususnya umat Islam,” tandas Saifi.

Lebih lanjut Kakanwil berharap MTQ dapat berimplikasi terhadap tatanan hidup masyarakat. Yaitu dengan mempererat silaturahmi intern umat Islam, maupun ekstern bersama umat beragama lainnya. “Semoga MTQ ini membawa kesejukan bagi wilayah yang kita cintai, Kalimantan Utara,” pungkasnya. (Sumber: Humas Kanwil Kemenag Kaltara). ane