Tana Tidung (HUMAS KTT) Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung melalui Seksi Pendidikan Islam  melaksanakan kegiatan pemutakhiran data pondok pesantren dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (EMIS) 4.0. kegiatan  ini bertempat di Aula Kankemenag Kalimantan Utara dan dihadiri oleh H. Safarauddin, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung. Jum’at (02/02/2024)

H. Safarauddin menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung upaya pemutakhiran data pondok pesantren, terutama dalam penggunaan EMIS 4.0. Menurutnya, data yang akurat sangat diperlukan dalam mengambil keputusan dan kebijakan, terutama dalam penyaluran bantuan dan optimalisasi lembaga pendidikan.

Pada kegiatan tersebut, H. Safarauddin juga menyampaikan bahwa Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan keakuratan data pendidikan pada lembaga pendidikan tersebut. Pemutakhiran data EMIS 4.0 dilakukan sebagai langkah proaktif dalam memastikan bahwa informasi yang dikeluarkan oleh lembaga tersebut benar dan tepat sasaran.

Hari ini, pondok pesantren di Kalimantan Utara, khususnya di Kabupaten Tana Tidung, dapat menjalankan kegiatan pemutakhiran data EMIS 4.0 dengan harapan mendapatkan akurasi data yang lebih baik.

Kegiatan ini juga dijadikan sebagai wadah untuk mensosialisasikan kebijakan baru terkait pendataan dan pengelolaan EMIS baru, dan pihak Kementerian Agama berharap adanya kerjasama dari seluruh lembaga untuk mewujudkan sistem pendataan yang semakin baik dan akurat di bidang pendidikan.