TANA TIDUNG (Humas KTT) – Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Tana Tidung, Senin (29/1/2024), Kakanwil Kemenag Kaltara, H. Taufik Rahman didampingi pejabat Kantor Kementerian Agama KTT bersilaturahmi dengan Bupati KTT, Ibrahim Ali. Bupati pada kesempatan itu mengapresiasi pembangunan keagamaan di Bumi Upun Taka, sebutan lain KTT.

“Alhamdulillah, kami berterima kasih dengan Kementerian Agama yang memberikan perhatian kepada masyarakat, utamanya bidang keagamaan,” ujar Ibrahim.

Kunjungan Kanwil Kemenag Kaltara kali ini, dalam rangka rencana pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) dan pembangunan KUA di KTT. Kemenag telah mengalokasikan anggaran untuk mewujudkan dua pembangunan tersebut tahun ini.

Menurut Bupati, pembangunan infrastruktur keagamaan di kabupaten termuda di Kaltara ini, dapat memperlancar urusan masyarakat. “Tahun ini ada pembangunan PLHUT dan KUA di Kabupaten Tana Tidung. Itu artinya ada urusan-urusan masyarakat di Tana Tidung semakin mudah,” jelasnya.Di hadapan Kakanwil, Bupati juga menyentil soal infrastruktur keagamaan yang kewenangannya berada di bawah naungan Kemenag. Menurutnya, fasilitas yang memadai dapat mendukung program pemerintah daerah.

“Ke depan, fasilitas pembangunan dan sarana prasarana bisa difasilitasi Kemenag untuk masyarakat, umat beragama di Tana Tidung. Ini tentunya harapan kita semua, dan masyarakat di Tana Tidung,” ungkapnya.

Di samping itu, Ibrahim juga menyebutkan soal kuota haji di KTT. Meski ia memahami pembagiannya secara proporsional berdasarkan jumlah umat Islam dalam suatu daerah, namun ia berharap kuota jamaah haji bisa bertambah.

Dengan bertambahnya kuota, daftar tunggu berhaji di KTT tidak terlalu lama. “Untuk kami Kabupaten Tana Tidung juga bisa ditambah kuota jamaah haji,” harapnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Kaltara, H. Taufik Rahman berterima kasih atas sambutan dari Pemkab Tana Tidung. Ia memastikan, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat KTT di bidang keagamaan akan terus menjadi perhatian.

“Kemenag selalu bersinergi dengan Pemerintah. Pada prinsipnya, kami hadir di daerah, di Kaltara, di Tana Tidung, untuk mendukung program pemerintah daerah di bidang keagamaan,” kata Taufik.

Kakanwil lantas menginstruksikan, Kemenag yang ada di KTT dapat terus bersinergi bersama pemerintah daerah. Dengan kolaborasi yang kuat, ia meyakini pembangunan manusia di bidang keagamaan juga akan berakselerasi dengan baik.

Dalam kunjungan kerja Kakanwil hari ini, juga dilaksanakan pembinaan pegawai dan silaturahmi bersama ASN Kemenag KTT. Sumber : Kanwil Kemenag Kaltara