Tana Tidung (HUMAS KTT) Kabupaten Tana Tidung dalam memperkuat kerukunan umat beragama dengan peluncuran Desa Sadar Kerukunan. Acara ini juga menjadi forum penting untuk membahas penguatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Bumi Upun Taka.

Acara peluncuran Desa Sadar Kerukunan dihadiri oleh para pengurus enam Desa Sadar Kerukunan di Kabupaten Tana Tidung. Diskusi penguatan FKUB menjadi salah satu fokus utama kegiatan ini, dengan menghadirkan  narasumber , H. Saimin, yang menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung.

Dalam diskusi tersebut, H. Saimin mengungkapkan pentingnya penguatan nilai-nilai moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Tana Tidung. Dengan tema acara “Dari Desa Perkuat Kerukunan di Bumi Upun Taka,” H. Saimin menyampaikan  Kabupaten Tana Tidung yang dikenal dengan masyarakatnya yang ramah dan saling menghargai, baik masyarakat asli maupun pendatang.

“Kerukunan yang selama ini terjalin dengan baik di Kabupaten Tana Tidung, tentu perlu kita jaga dan rawat dengan baik,” ujar H. Saimin. “Nilai-nilai moderasi beragama wajib kita jalankan sebagai umat dan masyarakat, meskipun berbeda keyakinan. Hal ini agar kita mampu bergandengan tangan, saling menghormati, dan bertoleransi dalam kehidupan bermasyarakat tanpa melanggar norma-norma agama.”

Lebih lanjut, H. Saimin memberikan dorongan agar Desa Sadar Kerukunan yang telah terbentuk ditingkatkan dan dibina dengan baik. Beliau menyatakan perlunya Desa Sadar Kerukunan menjadi teladan yang baik bagi masyarakat sekitar.

Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam memperkuat peran FKUB dan Desa Sadar Kerukunan di Kabupaten Tana Tidung. Dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, diharapkan kerukunan antarumat beragama dapat semakin kokoh dan terus menjadi landasan dalam membangun Kabupaten Tana Tidung yang harmonis dan damai.