Tanjung Selor (HUMAS KTT) Kepala Kantor Kecamatan Sesayap Hilir, bersama Kepala Kantor Kecamatan Tana Lia, turut hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (RAKORWIL APRI) yang berlangsung di Tanjung Selor. termasuk Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kalimantan Utara. Senin (20/11/2023)

Bidang Haji dan Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara diwakili oleh Mutmainah, yang menyampaikan bahwa Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) memiliki peran yang signifikan sebagai bagian integral dari Kementerian Agama. Program kerja APRI tidak hanya disusun secara internal organisasi, melainkan juga melibatkan sektor-sektor terkait untuk memastikan keberhasilan pelaksanaannya.

Mutmainah menyatakan, “Ini adalah asosiasi yang bertanggung jawab langsung dalam melakukan pembinaan. Namun program pembinaan, bisa kita koordinasikan lintas sektoral.” Dalam konteks ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Utara memberikan dukungan terhadap APRI di Bumi Benuanta, menunjukkan eksistensi melalui program-program yang dijalankan.

Dalam sambutannya, Mutmainah mengharapkan agar APRI dapat berkolaborasi dengan lembaga terkait lainnya, terutama dalam menjalankan fungsi kepenghuluan, seperti dalam perkawinan, pembinaan keluarga, dan bidang lainnya. “Saya berharap, ada program riil tahun 2024. Ini lah yang kita bangun koordinasi lintas sektoral, sehingga program kita juga bisa jalan,” ujarnya.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sesayap Hilir, Mustakim, menambahkan bahwa kegiatan Rakorwil ini menjadi landasan arah bagi APRI di Kalimantan Utara. Dia berharap bahwa melalui Rakorwil ini, APRI Kaltara dapat terus memberikan peningkatan Sumber Daya Manusia bagi Penghulu. Mustakim optimis bahwa melalui koordinasi yang baik, program kerja APRI tahun mendatang dapat lebih baik dan lebih efektif.

Rapat Koordinasi Wilayah ini diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat sinergi antara berbagai pihak terkait dalam mendukung tugas dan fungsi APRI dalam membina masyarakat melalui peran kepenghuluan.