Tana Tidung (Humas KTT) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung, H. Saimin, bersama Wakil Bupati Tana Tidung, hadir dalam acara pelantikan Pengurus Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Kabupaten Tana Tidung. Acara ini berlangsung di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Desa Gunawan, menandai langkah baru bagi keberadaan organisasi tersebut di wilayah tersebut. Senin (13/11/2023)

Dalam sambutannya, H. Saimin menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus PGI Kabupaten Tana Tidung yang baru dilantik. Ia juga menekankan pentingnya peran PGI sebagai wadah silaturahim yang tidak hanya sekedar nama, tetapi juga sebagai entitas yang melihat ke depan untuk kemajuan bersama.

“Saya juga sepakat dengan apa yang disampaikan oleh ketua PGIW dan Wakil Bupati Tana Tidung agar keberadaan organisasi ini sebagai wadah silaturahim dan bukan hanya sekedar nama, tetapi menatap ke depan agar bersama-sama untuk lebih maju,” ujar H. Saimin.

H. Saimin melanjutkan bahwa keberadaan Kementerian Agama tidak hanya melayani satu agama saja, tetapi melayani semua agama yang ada di Indonesia dan diakui oleh Pemerintah. Ia juga menekankan pentingnya meningkatkan moderasi beragama di wilayah Kabupaten Tana Tidung, bahkan hingga ke desa-desa di Bumi Upun Taka.

“Peningkatan moderasi beragama adalah wujud dari upaya menjaga kerukunan di Bumi Upun Taka, di mana semua agama yang berada di Kabupaten Tana Tidung memiliki rasa toleransi yang tinggi satu sama lain,” tambahnya.

Acara pelantikan ini menjadi momentum untuk memperkuat kerjasama antaragama dan mempromosikan nilai-nilai toleransi di tengah masyarakat. Hadirnya Kepala Kantor Kementerian Agama dan Wakil Bupati Tana Tidung menjadi bukti komitmen pemerintah untuk mendukung keberagaman dan kerukunan di Kabupaten Tana Tidung.