Tana Tidung (HUMAS KTT) Sebagai tindak lanjut Surat Edaran Menteri Agama Nomor 12 Tahun 2023 tentang Aksi Solidaritas dan Do’a Bersama untuk Palestina, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung melakukan koordinasi bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tana Tidung. Koordinasi ini dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama dan dihadiri oleh Kasubbag TU, pejabat di lingkungan Kantor Kemenag, Penyuluh Agama PPPK Islam, Kristen, Katolik, serta Ketua dan Sekretaris FKUB.

Hj. Saripa Rudiya, Kasubbag TU, menyampaikan bahwa koordinasi tersebut sangat penting mengingat Surat Edaran Menag tersebut berkaitan dengan Solidaritas untuk Palestina. “Hal ini menjadi perhatian kita bersama, dari aksi solidaritas yang sudah dilakukan, antara lain Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung sudah memberikan edaran terkait pelaksanaan Sholat Ghoib dan Qunut Nazilah, dan itu sudah dilaksanakan di setiap Masjid,” ungkapnya.

Dalam konteks donasi, proses penggalangan dana sedang berjalan, sementara do’a lintas agama untuk Palestina sudah diarahkan masing-masing rumah ibadah. Untuk do’a bersama lintas agama, masih akan di koordinasikan ke Pemerintah Daerah melalui FKUB.

Aksi solidaritas ini mencerminkan kepedulian dan dukungan terhadap perjuangan dan kondisi sulit yang dihadapi oleh rakyat Palestina. Semua pihak, dari berbagai lapisan masyarakat, berkomitmen untuk terus berdoa dan berbuat untuk memberikan bantuan serta dukungan moral kepada saudara-saudara kita di Palestina.

Koordinasi antara Kantor Kementerian Agama dan FKUB diharapkan dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan aksi solidaritas dan kegiatan berikutnya yang terkait dengan kepedulian kemanusiaan.