Tana Tidung (HUMAS KTT) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terus berkomitmen dalam pengembangan kualitas penyuluh agama Kristen di wilayahnya. Pada Jumat (10/11/2023), digelar kegiatan pembinaan yang dihadiri oleh Kabid dan Staff Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kanwil Kemenag Kaltara. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha (TU).

Hj. Saripa Rudiya, selaku Kasubbag TU, memberikan arahan penting dalam kegiatan ini. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pembinaan bagi penyuluh agama, baik yang memiliki status PPPK maupun non-PNS, sangat penting sebagai wadah dalam pengembangan dan peningkatan kinerja para penyuluh agama. Hal ini sejalan dengan tugas dan tupoksi yang menjadi tanggung jawab mereka.

“Perlu kami sampaikan bahwa untuk penyuluh agama Kristen PPPK di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung, pelaksanaan tupoksinya berjalan sesuai dengan tugas yang telah diberikan,” ujar Hj. Saripa.

Sementara itu, Uluk Ujung, Kabid Bimas Kristen Kanwil Kemenag Kaltara, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan pembinaan ini adalah untuk meningkatkan kinerja para penyuluh agama Kristen, baik yang berstatus PPPK maupun non-PNS, di Kabupaten Tana Tidung. Hal ini sebagai upaya dalam meningkatkan pelaksanaan tugas mereka di masyarakat.

Uluk Ujung menambahkan, “Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat melakukan pembinaan kepada para penyuluh agama Kristen, serta meningkatkan pemahaman mereka tentang tugas pokok dan fungsi penyuluh agama. Selain itu, juga memaksimalkan pemanfaatan aplikasi yang digunakan oleh para penyuluh dalam menyampaikan program kerja dan realisasi kegiatan.”

Kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kapasitas dan pelayanan para penyuluh agama Kristen di Kabupaten Tana Tidung, serta mendukung pelaksanaan tugas mereka dengan lebih efektif dan efisien.