Tideng Pale (HUMAS KTT) Menindak lanjuti target update data 100 persen kemenag kab. Tana Tidung, satker Pendis melalui staf bid PD pontren mengupayakan segala bentuk penindakan agar tercapainya tujuan tersebut.

Helmi selaku Operator TPQ Pendis Kemenag Kabupaten Tana Tidung mengungkapkan Pendampingan biasanya dilakukan dalam bentuk door to door atau dari TPQ 1 ke TPQ lain dalam pendampingan update data EMIS.

Akan tetapi, untuk TPQ di kecamatan Tana Lia membutuhkan waktu dan biaya dalam melakukan pendampingan secara door to door. Sehingga solusi akan hal tersebut, staff Pendis melakukan zoom meeting untuk memudahkan pendampingan dalam pengoperasian update data EMIS.

Upaya ini tentunya memiliki plus dan minus dalam penerapannya, akan tetapi hanya solusi ini lah satu²nya agar pendampingan di wilayah² terjauh dan terluar dapat di jangkau.

Harapan dengan update data ini menjadi dasar kementerian RI untuk melihat kondisi para guru² TPQ dalam mensyiarkan agama hingga ke pelosok desa dan dpt menjadi program untuk membantu kesejahteraan para pengajar di TPQ wilayah terjauh, terluar dan terencil. (HC)