Tana Tidung (HUMAS KTT)  – Hari ini, Kafilah Kabupaten Tana Tidung mengikuti pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VIII Tingkat Provinsi Kalimantan Utara yang diselenggarakan dengan meriah. Acara ini diikuti oleh berbagai kafilah dari seluruh daerah di Kalimantan Utara, termasuk kafilah dari Tana Tidung yang siap berkompetisi dengan Jumalah 78 orang yang dipimpin oleh Kepala Kemenag Kabupaten Tana Tidung. Senin (19/06/2023)

MTQ merupakan ajang bergengsi yang menguji kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran serta tajwid para peserta. Setiap tahunnya, MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Utara diadakan untuk mencari perwakilan terbaik yang akan mewakili provinsi ini dalam STQ tingkat nasional.

Untuk diketahui, pembukaan MTQ kali ini dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, wali kota dan bupati se-Kaltara, serta forkopimda hingga instansi vertikal di Kaltara. Turut hadir tokoh agama, tokoh masyarakat dan lembaga keagamaan.

“Bersama ini dalam pelaksanaan MTQ, kita dapat membangun ukhuwah islamiyah, ukhuwah basariyah, dan ukhuwah wathoniyah. Dengan begitu, kita dapat hidup damai saling berdampingan,” seru Saifi dalam sambutannya pada pembukaan MTQ.

Menurut Kakanwil, ukhuwah bukan hanya sekedar sesama kaum muslimin, tetapi juga kepada seluruh umat beragama. Hal itu juga sebagai bentuk implementasi dari nilai-nilai Alquran, dan bentuk kecintaan terhadap Alquran. Mencintai Alquran, berarti juga akan mencintai seluruh umat manusia.

“Semoga dengan pelaksanaan MTQ ini, kita semua dapat merawat kehidupan kita untuk lebih bermoderasi, dapat berhubungan satu dengan yang lain. Tentunya konsep di dalam Islam, hidup kita menjadi rahmatan lil alamin. Artinya, memberikan rahmat bagi seluruh alam, khususnya masyarakat sekitar kita,” jelasnya.

Kakanwil juga mengajak kepada para undangan, dan masyarakat Kaltara, untuk terus bersama menjaga kehidupan beragama yang begitu baik saat ini, khususnya di Kalimantan Utara.

“Semoga dengan kegiatan MTQ yang ke-8 ini, terutama anak-anak kita dapat termotivasi untuk dapat belajar Alquran dan dapat menghiasi rumah-rumah ibadah dan sekaligus juga lingkungan maupun rumah tangga kita masing-masing,” harap Kakanwil Saifi.

H. Saimin selaku Ketua Kafilah mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk diberikan kepercayaan pimpin kafilah Tana Tidung, serta mengajak peserta untuk berkompetisi dengan sportivitas tinggi. Mereka telah menjalani persiapan yang intensif dan matang dalam menghadapi ajang bergengsi ini. Para qari dan qariah dari Tana Tidung telah melakukan TC berbagai teknik tilawah dan tajwid dengan baik, serta memperdalam pemahaman terhadap makna ayat-ayat suci Al-Quran.

Kafilah Tana Tidung berharap dapat memberikan penampilan terbaik mereka dan mempersembahkan prestasi yang membanggakan bagi daerah mereka. Seluruh masyarakat Tana Tidung juga memberikan dukungan penuh kepada kafilah ini dengan harapan bisa melihat bendera Tana Tidung berkibar di atas panggung kejuaraan.