Tarakan (HUMAS KTT) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kaltara melaksanakan rapat membahas tuan rumah MTQ ke-IX tingkat Provinsi Kaltara, Senin (19/6/2023). Rapat yang berlangsung di ruang pertemuan Asrama Haji Transit di Kota Tarakan ini, menyetujui tuan rumah MTQ tahun 2024 di Kabupaten Tana Tidung (KTT).

Kakanwil Kemenag Kaltara, H. Saifi menyatakan, Kementerian Agama terus memberikan dukungan terhadap MTQ di manapun lokasi kegiatannya. Namun terkait pemindahan lokasi ke Tana Tidung, ia menegaskan kewenangan antara LPTQ dengan pemerintah daerah.

Rapat kali ini dihadiri pengurus LPTQ, serta di antaranya jajaran Pemprov Kaltara. “Di manapun, kami tetap dukung. Kalau menyangkut lokasi di KTT, ini kita diskusikan, kita rapatkan sekarang,” ujar Saifi.

H. Saimin selaku Kepala Kemenag Kabupaten Tana Tidung menyampaikan kesiapan tuan Rumah pada MTQ IX Tahun 2024 sesuai surat yang dibawa pada Rapat Kerja ini dari Bupati Tana Tidung bahwa Kabupaten Tana Tidung menyatakan siap menjadi tuan rumah dan pelaksana Pada MTQ IX Tingkat Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2024 nanti.

“Untuk Fasilitas pendukung dalam pelaksanaan MTQ tentunya pasti akan kami siapkan sesuai dengan komitmen Bupati Tana Tidung dalam pelaksanaan MTQ IX” ujar Saimin