Tarakan (HUMAS KTT) Kafilah Tana Tidung menghadiri Malam Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VIII Tingkat Provinsi Kalimantan Utara. Acara yang diselenggarakan di Hotel Tarakan Plaza pada Jumat malam ini berlangsung meriah. Ahad (18/06/2023).

Malam Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim MTQ ini dihadiri oleh berbagai kafilah dari seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Utara dengan membawa semangat kebersamaan dan persaudaraan.

H. Saimin, salah satu perwakilan dari Kafilah Tana Tidung, mengungkapkan bahwa acara seperti ini merupakan wadah yang tepat untuk mempererat silaturahmi antar-kafilah. Menurutnya, kehadiran kafilah-kafilah dari berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Utara di Malam Ta’aruf ini sangat penting dalam membangun kerukunan dan memperkuat rasa persatuan.

Kakanwil Kemenag Kaltara, H. Saifi, dalam sambutannya berharap perhelatan MTQ kembali ke semangat awal. “MTQ ini mestinya menjadi momentum untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur’an. MTQ tidak hanya sekadar lomba,” ungkap Saifi.

Lebih dari itu, lanjut Kakanwil, MTQ bertujuan untuk menjadikan masyarakat, khususnya umat Islam semakin cinta terhadap kitab sucinya. “Oleh karena itu, yang perlu kita maknai, MTQ ini adalah untuk memotivasi umat Islam semakin cinta terhadap Al-Qur’an,” jelasnya.

Meski begitu, ia tak memungkiri pagelaran MTQ, seiring waktu mengalami perubahan. “Khususnya pada animo masyarakat. Kalau dulu, orang berbondong-bondong ingin menyaksikan MTQ. Tapi kita tetap berupaya, agar MTQ ini semakin dekat kepada masyarakat,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Kakanwil pada kesempatan itu menaruh harapan atas pelaksanaan MTQ VIII tingkat Provinsi Kaltara. Ajang ini sekaligus menyeleksi peserta yang nantinya akan menjadi utusan Kaltara dalam MTQ Nasional.

“Kita semua berharap peserta terbaik akan mewakili Kalimantan Utara di ajang yang sama di tingkat nasional tahun depan. Masih ada waktu untuk menyiapkan diri,” paparnya

Dengan semangat dan tekad yang kuat, Kafilah Tana Tidung bersama kafilah-kafilah lainnya dari Kalimantan Utara siap memperebutkan gelar juara dalam MTQ VIII tingkat Provinsi. Semoga kebersamaan dan semangat persaudaraan yang ditunjukkan oleh Kafilah Tana Tidung dapat menginspirasi seluruh peserta.