Tideng Pale (Humas KTT) – Sebanyak 17 orang Calon Jamaah Haji Kabupaten Tana Tidung melakukan Pemeriksaan Kesehatan Tahap 1 yang di laksanakan di Rumash Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Berahim dengan didampingi Kasi dan Staff Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Tidung. Selasa (21/02/2023).

H. Saimin, S.Ag., MM saat meninjau kegiatan tersebut menyampaikan kepada Calon Jamaah Haji untuk menjaga Kondisi kesehatan  dan menjaga pola makan.

H. Saimin menyampaikan Sebelum berangkat ke tanah suci Mekah, para calon jamaah haji diwajibkan mengikuti pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi kesehatan mereka saat melakukan ibadah nanti, mengingat kondisi di Arab Saudi yang sangat berbeda dengan kondisi di tanah air, baik itu suhu, kelembaban udara, maupun keadaan sosial budayanya. Sejumlah perbedaan kondisi itu dapat mempengaruhi bahkan memperburuk keadaan kesehatan para jamaah haji nantinya.

H. Andi Basri selaku Kasi. PHU menyampaikan Pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji tahap 1 adalah pemeriksaan awal yang dilakukan pada calon jamaah haji sebelum melakukan pemeriksaan tahap 2. Pemeriksaan tahap 1 dilakukan di RSUD Ahmad Berahim  yang di tunjuk oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Tidung.

Pemeriksaan kesehatan tahap 1 dilakukan untuk menilai kesehatan umum calon jamaah haji. Beberapa poin penting yang diperiksa pada tahap ini meliputi Riwayat Kesehatan, Pemeriksaan Fisik sesuai dengan prosedur dalam pelaksanaan Pemeriksaan Calon Jamaah Haji

Pemeriksaan kesehatan tahap 1 dilakukan secara bertahap selama beberapa , tergantung pada jumlah calon jamaah haji yang akan diperiksa di RSUD. Setelah pemeriksaan tahap 1 selesai, calon jamaah haji yang dinyatakan sehat akan melanjutkan ke tahap 2 pemeriksaan kesehatan”. Ungkapya. (ane)