Tideng Pale (Humas KTT) Istighosah dalam rangka Peringatan 1 Abad NU di Kabupaten Tana Tidung di isi dengan Istighosah yang dipimpin oleh pengurus PCNU Kabupaten Tana Tidung dan di lanjutkan dengan Tausiyah yang di sampaikan oleh K.H. Zainudin Dalila Ketua MUI Provinsi Kalimantan Utara. Selasa (7/2/23).

K.H. Zainudin Dalila dalam Tausiyahnya memasuki 100 tahun atau 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) merupakan peran yang besar NU dalam menjaga keutuhan bangsa, mengingat di zaman  Hadratussyaikh K.H. Hasyim Asyar’I bersama pendiri NU lainnya memberikan kontribusi yang besar bagi Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan bambu runcing para santri dan ulama mampu melawan penjajah yang di jaman itu juga para penjajah sudah memakai senjata yang modern. Tapi Karena pertolongan Allah para Ulama dan Santri dapat mengusir penjajah.

Para Ulama NU juga mengajarkan adab dan akhlak kepada kita sehingga ketika dulu setelah mengaji Al-Qur’an di cium  dan menempatkan  Al-Qur’an dengan baik sehingga sampai saat ini. Dan itulah yang ditanamkan orang tua terdahulu sebagaimana di ajarkan oleh para ulama-ulama NU terdahulu yang kita jaga sampai sekarang. ane