Tideng Pale (Humas KTT) Tim Pemantauan terkait Rencana Kerja (RENJA) dan anggaran Moderasi Beragama pada Kantor Kemenag Kab. Tana Tidung Kalimantan Utara dengan Penanggung Jawab H. Kusoy, Pengendali Teknis H. Purnomo Mulyosaputro, Ketua Tim H. Achmad Buchori, dan anggota Tim H. Ahmad Tobib tiba di Kabupaten Tana Tidung dan langsung di sambut oleh H. SaiminĀ  selaku Kepala kantor. Senin (30/1/23).

Purnomo Mulyosaputro selaku Pengendali teknis mengungkapkan Moderasi beragama adalah cara pandang dalam beragama secara moderat yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan (pemahaman agama yang sangat kaku) maupun ekstrem kiri (pemahaman agama yang sangat liberal).

Dalam rangka terwujudnya keberhasilan program pembangunan moral bangsa khususnya pemahaman beragama, Kementerian Agama membuat program prioritas tentang Moderasi Beragama. Inspektorat Jendaral selaku unit pengawasan mempuyai kewajiban untuk selalu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program tersebut. Kegiatan pengawasan yang dilaksanakan saat ini adalah pemantauan terhadap Kantor Kementerian Agama Kab. Tana Tidung yang diberikan tugas untuk melakukan pengembangan kegiatan terkait moderasi beragama. Adapun informasi minimal diharapkan dapat mengetahui efektivitas program moderasi beragama dalam kapasitas perkembangan pelaksanaan program. Objek pemantauan disesuaikan dengan peta jalan moderasi beragama, sebaran anggaran moderasi beragama, serta tindak lanjut atas hasil pemetaan moderasi beragama dan wawasan kebangsaan bagi aparatur Kementerian Agama yang terindikasi tidak moderat.

Salah satu Peta jalan Moderasi beragama pada tahun 2023 ada nya peran Masyarakat dalam Penguatan Moderasi Beragama, Penguatan pelibatan pemangku kepentingan dengan fasiitasi program masyarakat untuk implementasi Moderasi Beragama dan Pelibatan media dalam program Penguatan Moderasi Beragama. ane