Tideng Pale (Humas KTT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung Bekerja sama dengan Puskesmas sesayap menggelar Sosialisasi Tes IVA dan Sadanis. Jum’at (29/07/22)

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag dihadiri oleh Ketua DWP, Maryana, SE, Istri para Kasi, Kepala KUA serta pegawai di lingkungan Kankemenag Kabupaten Tana Tidung.

Dalam sambutannya, Maryana mengajak kepada para anggota untuk berperan aktif dalam kegiatan DWP Kankemenag KTT. Peran Dharma Wanita bukan hanya mendampingi suami tapi mempunyai mandat yang sangat penting dalam keberhasilan suatu organisasi serta mengambil hikmah sehingga terjalin kerja sama satu sama lain dalam membangun citra positif instansi.

Pada kesempatan ini petugas UPT Puksesmas Tideng Pale menyampaikan terkait Bahaya Kanker Serviks adalah salah satu jenis kanker yang berasal dari leher rahim atau serviks. Hal ini bisa terjadi akibat adanya perubahan atau mutasi DNA pada sel di leher rahim. Ada berbagai pemicu yang menyebabkan perubahan atau mutasi sel sehingga menyebabkan munculnya sel abnormal yang tidak terkendali.

Kanker serviks tidak akan menyebabkan gejala di awal perkembangannya. Biasanya, pengidap kanker serviks akan mengalami beberapa gejala setelah perkembangan sel kanker cukup parah. Ada beberapa gejala yang bisa kamu waspadai sebagai gejala kanker serviks.

Perdarahan bisa menjadi gejala dari kanker serviks. Perdarahan akan terjadi di luar siklus menstruasi, masa menopause, hingga setelah berhubungan intim. Selain itu, pengidap kanker serviks akan mengalami keputihan yang abnormal. Keputihan yang dialami memiliki warna coklat atau kemerahan, berbau, dan menyebabkan vagina terasa gatal dan iritasi. Nyeri panggul yang tidak kunjung membaik juga perlu diwaspadai sebagai kanker serviks.

Lalu, apa penyebab kanker serviks? Penyakit ini disebabkan oleh adanya perubahan atau mutasi sel DNA pada leher rahim. Kondisi ini menyebabkan munculnya sel abnormal yang tidak terkendali pada bagian tersebut. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker serviks, tetapi infeksi HPV peranan besar terhadap munculnya penyakit ini. ane