Tanjung Selor (Humas KTT) Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII Tingkat Provinsi Kalimanntan Utara dibuka oleh Gubernur Kalimantan Utara yang di wakilkan Asisten I Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Pembukaan yang digelsr di Gedung Gadis di hadiri Asisten I Pemrov Kaltara, Kepala Kanwil Kemenag Kaltara, Kepela Kemenag Kabupaten/Kota, Bupati/Walikota, serta Dewan Hakim dan Kafilah utusan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Utara, Kamis (23/06/22).

Pada kesempatan ini H. Saifi selaku Kakanwil Kemenag Kaltara menyampaikan kita bersyukur MTQ VII Tingkat Provinsi Kalimantan Utara dengan tema MTQ Sebagai Inspirasi dalam Mewujudkan Masyarakat Kalimantan Utara yang Maju dan Religius dapat kita laksanakan secara Ofline dengan kata lain tatap muka. Namun demikian kita tetap memelihara protocol Kesehatan agar tidak ada yang terjangkit Covid-19 selama pelaksanaan MTQ. Selaku kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan MTQ VII Provinsi Kalimantan Utara terkhusus kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yang telah memfasilitasi penyelenggaran MTQ ini.

Alquran yang diturunkan oleh Allah SWT merupakan pedoman yang mulia bagi seluruh umat manusia terutama umat Islam yang telah mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju terang menerang dengan hidayah dari Allah SWT. Bahkan Alquran menjadi sumber inspirasi para ulama, akedimisi untuk mengembangkan Daqwah dan teknologi yang akhirnya melahirkan kemajuan bagi kehidupan manusia bhakan berbagai jurnal nasional maupaun internasional banyak penulis menyatakan bahwa tidak ada satupun buku ataupun kitab di dunia ini yang dibaca oleh manusia melebihi banyaknya dibaca kitab suci Alquran. Demikian juga tidak ada satu buku/kitab di dunia yang dibaca dan dihafal tuntas dari awal hingga akhir sebanyak114 Surat ini bahkan mencapai ratusan ribu bahkan jutaan penghafal Alquran di seluruh Dunia dan mudah-mudahan ini juga sampai ke Kalimantan Utara yang melahirkan hafidz dan Hafidzah di seluruh Kabupaten/Kota dimana semarak berdiri rumah-rumah penghafal Alquran.

Kami juga mengajak seluruh LPTQ melalui MTQ ini bukan hanya senagai ajang Musabaqah ataupun berloma tetapi sekali lagi Alquran mesti kita harus dalami bagaimana kita memahami kandungan yang didalamnyaluar biasa sebagai mukjizat dari Allah SWT yang sampai bertahan sampai saat ini. Semoga dengan begitu kita dapat membumikan Alquran di Kalimantan Utara.

Said Masput selaku Kepala Kantor Kemenag dan Ketua Kafilah Kabupaten Tana Tidung menyampaikan, kehadiran Kafilah Tana Tidung merupakan sebagai bentuk Partisipasi dalam mensukseskan MTQ VII tahun 2022. Kafilah Kabupaten Tana Tidung berjumlah 70 dengan jumlah peserta 39 orang siap bermusabaqah demi kelancaran dan suksesnya MTQ VII Tingkat Provinsi Kalimantan Utara. ane