Tarakan (Humas KTT) Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan yang di gelar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara yang dilaksanakan di Hotel Swiss Bell Tarakan pada tanggal 14 s.d 16 Juni 2022 di hadiri Kepala Kanwil Kemenag Kaltara, Kabid/Pembimas Kanwil Kemenag Kaltara, Subkoordinator Perencanaan kanwil Kemenag Kaltara, Kepala Kantor Kemeneg, Kasubbag TU, Kepala Seksi, Kepala Madrasah dan Perencanaan Kemenag Se-Kaltara. Selasa (14/06/22).

Kakanwil H. Saifi pada kesempatan itu menyampaikan bahwa rakor menjadi kesempatan untuk mengevaluasi kelangsungan roda organisasi. Ia berharap jalannya program dan anggaran dapat lebih ditingkatkan sesuai dengan arah kebijakan Kementerian Agama.

Menteri Agama, ujar Kakanwil, telah menetapkan tujuh program prioritas yang harus didukung. Sehingga program yang dilaksanakan di setiap satker harus didasari dari program prioritas tersebut.

Program prioritas yang ditetapkan Menteri Agama, yakni Penguatan Moderasi Beragama; Transformasi Digital; Tahun Toleransi Beragama; Revitalisasi KUA; Religiosity Index; Kemandirian Pesantren; dan Cyber Islamic University.

Dalam rakor tersebut, Kakanwil juga mengungkapkan capaian realisasi anggaran yang ditorehkan Kanwil Kemenag Kaltara sejak terbentuk. “Serapan anggaran lima tahun terakhir bagi kita di Kalimantan Utara, supaya jadi pijakan kita” ungkap Saifi.

Pada tahun 2017, serapannya 83,61 persen, menempati urutan 32 nasional. Kemudian tahun 2018, capaian 94,27 persen, urutan 13 nasional. Tahun 2019, capaian 97,41 persen urutan 15 nasional. Tahun 2020, serapan anggaran mencapai 97,77 persen urutan 15 nasional. Lalu, tahun 2021, capian 99,22 persen urutan 6 nasional.

“Inilah yang kemudian, tantangan pada tahun ini apakah bisa kita capai seperti tahun lalu. Penting bagi kita, rakor menjadi evaluasi agar capaian bisa tercapai bahkan lebih baik,” tegasnya.

Lebih lanjut Kakanwil menyatakan akan terus mendukung kebijakan yang telah dicanangkan bahkan ditetapkan oleh pejabat di lingkup Kemenag RI. Termasuk kebijakan anggaran, dimana Menteri Agama berharap serapan anggaran pada Juli 2022 sudah mencapai 75 persen.

Ia mengungkapkan, Pagu anggaran Kanwil Kemenag Kaltara tahun ini sebesar Rp 160 miliar. Dari angka itu, postur anggaran bansos hanya 0,11 persen. Kemudian pada belanja barang 21 persen, belanja modal 28 persen. Postur anggaran paling besar ada pada belanja pegawai sebesar 50 persen.

Dari postur anggaran ini, Kakanwil meyakini pejabat teknis pengelola anggaran sudah dapat menganalisa, target 75 persen pada bulan Juli bisa terwujud, atau ada upaya lain untuk memaksimalkan serapan anggaran. “Ini bisa dianalisa, apakah kita bisa capai 75 persen serapan pada Juli tahun ini,” urainya. (Sumber : Humas Kanwil Kemenag Kaltara)

Leave a Reply

Your email address will not be published.