Tanjung Selor(Humas KTT) Kerukunan Umat Beragama di Kalimantan Utara sangat harmonis dan terjaga dengan baik, sehingga tingkat toleransi yang begitu tinggi.

Meski pun denimikian, didalam masyarakat sebagai kehidupan social agar tetap menjaga sebagai wujud antisipasi gejolak didalam kehidupan bermasyarakat.

Kanwil Kemenag Kaltara menggelar Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama, di Tanjung Selor, Senin (30/5/2022). Yang di ikuti ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Kaltara termasuk Kasubbag TU dan 3 ASN Kantor Kemenag Kabupaten Tana Tidung selama 4 hari mulai tanggal 30 Mei – 2 Juni 2022

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan toleransi antar umat beragama dengan mengembangkan sikap saling menghargai dan menerima adanya perbedaan. Kemudian tujuan lainnya yakni menghormati kesetaraan antara pemeluk agama satu dengan yang lainnya dan memahami bahwa semua memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara.

Kakanwil Kemenag Kaltara, H. Saifi pada kesempatan itu menyampaikan tentang visi dan misi Kementerian Agama. Dari visi dan misi yang ia jabarkan, Kakanwil menitikberatkan pada aspek pemerataan layanan keagamaan.

“Di Kementerian Agama tidak hanya melayani satu agama saja, melainkan enam agama yang ada di Indonesia. Layanan yang diberikan juga agar bagaimana memadukan kualitas kerukunan intern maupun antar-umat beragama,” jelas Saifi.

Sebagai ASN dilingkungan Kementerian Agama, lanjut Kakanwil, setiap abdi negara perlu menjadikan visi dan misi ini sebagai landasan dalam setiap aktivitas pekerjaan. Terlebih lagi instansi pemerintah dengan motto “ikhlas beramal” ini mengalikasikan porsi yang proporsional terhadap tata kelola pemerintahan di bidang keagamaan.

Moderasi beragama menjadi instrumen dan telah masuk dalam rencana strategis pembangunan nasional. Bahwa masyarakat dan seluruh stakeholder terkait perlu merawat keberagaman, demi keutuhan NKRI.*ane