Gunawan (Humas KTT) Bulan Desember merupakan Bulan Perayaan Hari Raya Natal Umat Nasrani seluruh Dunia. Sebelum puncak perayaan pada 25 Desember 2021 yang akan datang, Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung selalu melaksanakan Safari Natal keliling. Safari Natal yang dilaksanakan di Desa Gunawan Kecamatan Sesayap di hadiri Wakil Bupati Tana Tidung, Kepala Kantor Kemenag Kab. Tana Tidung, Kasubbag TU, Ketua FKUB dan di ikuti seluruh Umat Nasrani yang berada di Desa Gunawan pada Hari Kamis (02/11/2021).

Pada Kesempatan ini, Hendrik selaku Wakil Bupati Tana Tidung menyampaikan pentingnya menjaga Kerukunan. Dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Tana Tidung yang saling menghargai satu dengan yang lainnya. Hendrik juga menyampaikan pada saat beberapa waktu lalu saya bersama Ketua FKUB mengikuti kegiatan Pekan Kerukunan Nasional dan Internasional di Manado, saya melihat di Manado Kerukunan Antar Umat Beragama sangat terjaga, saling menghargai dan saling menghormati, kehidupan beragama masing-masing menjalankan Ibadahnya sesuai ajaran yang di anutnya tetapi dalam kehidupan bermasyarakat dan gotong royong sangat harmonis. Beliau juga mengajak masyarakat Tana Tidung dalam kehidupan bermasyarakat tidak ada kotak-kotak atau sekat sehingga terciptanya kerukunan yang baik dan tidak saling menggangu dalam kehidupan ibadah masing-masing agama.

Said Masput, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada kesempatan Safari Natal ini merupakan langkah silaturahmi untuk menjaga Kerukunan di Kabupaten Tana Tidung sehingga terciptanya hubungan yang harmonis. Beliau juga menyampaikan dan mengingatkan agar setiap rumah Ibadah yang di akui oleh Pemerintah dan tidak ada masalah dalam lingkungan masyarakat di sekitarnya yang belum memiliki Surat Keterangan Terdaftar (SKT) agar membuat SKT, Karena SKT sangat penting dalam pembangunan rumah Ibadah. Dengan adanya SKT rumah Ibadah tersebut di akui keberadaanya. Tetapi tetap melengkapi berkas yang akan di ajukan sebagai persyaratan.

Kedepannya Kantor Kemenag Kabupaten Tana Tidung akan tetap mengusulkan Penyelenggara Bimas Kristen dan saat ini pelayanan untuk Kristen, Katolik, Budha, Hindu maupun Khoonghucu masih dilayani di Sub Bagian Tata Usaha.* ane