TANA TIDUNG (Humas Kaltara) – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Tana Tidung (KTT), Kakanwil Kemenag Kaltara, H. Saifi memaparkan peran Kementerian Agama di tengah masyarakat. Ini ia sampaikan pada kegiatan Pembinaan Tokoh Agama di KTT, Selasa (27/7/2021).

Kakanwil mengawali paparannya dengan visi dan misi Kementerian Agama. “Misi kami di Kementerian Agama adalah meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama. Ada program-program yang kami laksanakan dengan tujuan agar umat beragama semakin saleh, lebih kuat beragamanya,” ujar Saifi.

Kedua, lanjutnya, memperkuat moderasi umat beragama. Kementerian Agama mempunyai tugas agar semua umat beragama rukun. Tentunya ini semua butuh komitmen semua pihak. Baik pemerintah, tokoh agama hingga umat beragama itu sendiri.

“Rukun itu bisa diwujudkan mulai dari internal umat beragama, rukun antar-umat beragama dengan agama lain, dan rukun umat beragama dengan pemerintah,” paparnya.

Misi ketiga, yakni meningkatkan layanan keagamaan yang adil, mudah dan merata. “Kemudian yang keempat, meningkatkan layanan pendidikan yang merata dan bermutu. Akses untuk mendapatkan pendidikan, harus kami permudah,” tandasnya.

Misi yang kelima, sambung Kakanwil, meningkatkan produktivitas dan daya saing pendidikan. “Keenam, memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik. Tata kelola ini terkait dengan tipologi, bagaimana pelayanan, dan lain-lain,” jelasnya.

Kakanwil berharap, tokoh agama di Kaltara, khususnya di KTT dapat mendukung upaya pelayanan yang diberikan Kementerian Agama. Tokoh agama, menurut Saifi, memiliki andil yang sangat vital di tengah masyarakat.

Untuk diketahui, Pembinaan Tokoh Agama di KTT diikuti oleh 20 orang tokoh dari berbagai agama di Bumi Upuntaka – sebutan lain KTT. Selain Kakanwil, turut hadir menyampaikan materi yakni dari pihak Kesbangpol, Kepolisian, serta Seksi Bimas Islam Kankemenag KTT. (fer)